Resep Membuat Tongseng Ikan Tongkol Yang Lezat Dan Nikmat


Hasil gambar untuk tongseng ikan tongkol

Nikmatnya sajian tongseng tongkol sangat pas di santap ketika sedang cuaca dingin. Rasanya yang lezat dan menggugah nafsu makan kalian dan keluarga, Situs Judi Online Terpercaya variasi tongseng ikan tongkol ini bisa  kalian buat jika bosan dengan menu tongseng daging, nah mari simak resep dan cara membuat tongseng tongkol istimewa dan nikmat di bawah ini.

Bahan – Bahan Yang Di butuhkan :

·         500 gram ikan tongkol
·         1 sendok teh  garam
·         2 lembar daun salam
·         2 cm lengkuas
·         4 buah cabai rawit merah
·         150 gram kol
·         1 buah tomat merah
·         2 setengah sendok makan kecap manis
·         2 batang daun bawang
·         1000 ml air
·         1 sendok teh air jeruk lemon
·         3 butir bawang merah
·         800 ml santan yang di ambil dari setengah butir kelapa
·         Setengah sendok teh merica bubuk
·         1 batang serai manfaatkan bagian putihnya lalu memarkan
·         Minyak goreng secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan :

·         4 butir bawang merah
·         ¼ sendok teh merica
·         3 siung bawang putih
·         1 sendok teh ketumbar
·         3 cm kunyit yang sudah di bakar
·         2 butir kapulaga
·         1 setengah sendok teh garam
·         3 butir kemiri yang sudah di sangria
·         Setengah sendok teh jinten
·         2 cm jahe

Cara Menyiapkan Bahan – Bahan :

1.       Pertama – tama silahkan ambil ikan tongkol yang sudah kalian sediakan sebelumnya. Lalu bersihkan ikan tongkol hingga benar – benar bersih. Apabila sudah, kalian bisa memotong – motongnya dengan ukuran 3 cm. lalu sisihkan terlebih dulu.
2.       Langkah yang selanjutnya yaitu memarkan lengkuas dan iris tipis bawang merah. Lalu iris juga cabai rawit dengan ketebalan 2 cm, apabila  kalian pencinta pedas kalian bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. Poker Online
3.       Langkah berikutnya silahkan potong kotak kol dan potong – potong daun bawang dengan ketebalan 2 cm.
4.       Kemudian potong – potong tomat merah dengan ukuran sesuai selera.
5.       Setelah itu, silahkan  haluskan bumbu halus yang telah kalian sediakan seperti di atas, agar lebih mudah dan praktis, kalian bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender apabila sudah, sisihkan terlebih dulu.

Cara Membuat Tongseng Ikan Tongkol :

1.       Ambil ikan tongkol yang sudah dibersihkan dan dipotong – potong. Kemudian lumuri ikan dengan menggunakan air jeruk lemon, merica bubuk dan garam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
2.       Jika sudah, silahkan sediakan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Lalu panaskan minyak goreng tersebut hingga meletup – letup. Kemudian masukan ikan tongkol dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan terlebih dulu jika ikan tongkol sudah matang.
3.       Langkah selanjutnya yaitu silahkan rebus santan, air, daun salam, serai lengkuas dan bumbu yang sudah dihaluskan.  Rebus sambil di aduk – aduk hingga mendidih. Apabila sudah seperti itu silahkan sisihkan terlebih dulu. Domino Online
4.       Setelah itu, panaskan kembali minyak goreng untuk menumis bumbu hingga meletup – letup, lalu tumis cabai rawit merah dan bawang merah hingga mengeluarkan aroma yang harum.
5.       Masukan kol yang sudah di potong – potong, lalu kalian bisa menumisnya hingga layu.
6.        Tambahkan kecap manis ke dalamnya dan aduk – aduk kembali hingga merata.
7.       Selanjutnya tuangkan  santan yang sudah direbus tadi. Aduk merata hingga tercampur, didihkan kembali.
8.       Ambil ikan tongkol  yang sudah kalian goreng dan masukkan ke dalam rebusan santan, aduk merata dan masak hingga mendidih.
9.       Masukan potongan tomat merah dan daun bawang, aduk kembali hingga merata dan  masak sampai semua bahan benar – benar  matang. Apabila sudah matang, kalian bisa mengangkat dan menyajikannya ketika masih hangat.

Tongseng ikan tongkol yang lezat dan nikmat sudah selesai dibuat, sajikan di meja makan untuk menu makan special bersama keluarga. Demikianlah Resep Dan Cara MembuatTongseng Ikan Tongkol Yang Lezat Dan Nikmat. Semoga bermanfaat bagi kalian. Saya ucapkan terima kasih dan selamat mencoba.


Share on Google Plus

About Admin SEO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar